loading...

Pantun Lucu Bahasa Sunda yang bikin kamu ngakak

Pantun Lucu Bahasa Sunda yang bikin kamu ngakak-Lucu Lucuan Bahasa Sunda : Kata Bijak, Motivasi, Sindiran dan Pantun. Bray, bray! Bagi elu yang demen banget nongkrongin timeline twitter, pasti udah gak asing lagi dengan hashtag #ReboNyunda dimana elu akan menjumpai banyak sekali tweet yang menggunakan Basa Sunda (dibaca: Bahasa Sunda).

Entah itu tweet yang isinya lucu-lucuan atau candaan dalam bahasa Sunda, infografis mengenai suatu daerah dan budayanya, gambar lucu berbahasa Sunda, bahkan tak jarang sering juga ditemukan ada tweet campuran antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda yang mungkin lucu bagi sebagian orang.
Pantun Lucu Bahasa Sunda yang bikin kamu ngakak
Dari tweet-tweet yang menggunakan hashtag #ReboNyunda tersebut, sebagian bahasa Sunda yang digunakan mungkin saja dianggap halus oleh sebagian orang, dan sebagiannya lagi ada yang dianggap kasar. Ini karena terdapat perbedaan dalam penggunaannya di beberapa daerah yang menggunakan bahasa Sunda.

Disamping itu, bagi sebagian orang dengan latar belakang sastra Sunda, tweet #ReboNyunda yang dijumpainya mungkin tidaklah sesuai dengan tata bahasa sunda yang baik dan benar.

Namun pada intinya, niat dan cara yang dipake untuk ngamumule (melestarikan) Bahasa Sunda itu menjadi lebih asik dan santai tanpa merasa dipaksa untuk berbicara dengan menggunakan Bahasa Sunda.

Semoga aja, untuk kedepanya, bahasa daerah (gak cuma Bahasa Sunda) semakin dilestarikan dan tidak hanya digunakan ketika disekolah saja di dalam pelajaran muatan lokal.

Buat gue pribadi, ketika berada di daerah lain dan kemudian ketemu dengan orang yang kebetulan ngerti dan bisa bahasa daerah gue (sunda) atau emang doi satu daerah dengan gue. Justru gue merasa ada di tanah sunda, bukan di tanah lain. *Iya jadi saya teh merasa kaya lagi di lembur ajah bray.

Terlepas dari anggapan yang berbeda-beda terkait cara penggunaan bahasa sunda yang dipake oleh orang-orang, entah itu baik ataupun buruknya, itu hak setiap orang. Disini gue cuma berusaha menampilkan sejumlah kalimat, ataupun percakapan dengan menggunakan bahasa sunda yang membuat gue nyengir-nyengir sendirian dan ketawa-ketawa kegelian.

Karenanya, dengan dibuatnya thread ini, gue berharap elu sebagai pembaca yang budiman setidaknya bisa merasakan hal yang sama dengan apa yang gue rasakan ketika menggunakan bahasa daerah sendiri bahwasanya, Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa daerah di daerah sendiri itu benar-benar menyenangkan! Apalagi kalo diminta ngajarin orang.
Berikut beberapa kalimat dan percakapan yang bertujuan untuk hiburan dan sekedar lucu lucuan yang menggunakan Bahasa Sunda : 

Pantun Lucu Bahasa Sunda yang bikin kamu ngakak

Aya listrik di masigit, caangna kamana mana
Aya istri jangkung alit, hanyakal geuning waria
Daun hiris dibeungkeutan, dibawa ka juru leuiit
Anu geulis ngadeukeutan hayangeun dibere duit
Pedah kuring kuralang kuriling
Ucing ge’ring ngahariring
Tengah peuting jemplang jempling
Kuring nyaring hayang ngising
Ku pedah urang babaturan sajati
Manéh gumbira kuring gumbira
Manéh hanjelu kuring milu hanjelu
Manéh seuri kuring seuri
Manéh ceurik kuring ogé ceurik
Manéh tikecebur kana got kuring seuseurian nepika ticeurik-ceurik
Ka Jampang mawa pakarang
Ajang pe’rang makalangan
Ka akang naha sale’mpang
Akang sayang ngan ka yayang
Cikaracak ninggang batu, laun-laun jadi legok
Tai cakcak ninggang huntu, laun-laun nya dilebok
Colenak enak dicocol, komo mun tambah kalapa
Beletak pitak ditakol, poho mun sirah mitoha, hampura abah teu dihaja !
Tai ucing di sangray.
Pararusing bray.
Lihat juga : Kata-kata cinta bagi yang dirundung galau
Pokok na mah, tiap yang waktu itu tea..
Hayu kita sama-sama lestarikan bahasa daerah kita masing-masing.

Suka dengan lucu-lucuan Bahasa Sunda ini?
Share/Bagikan bisa kali bray ;)
Dari tadi udah kesana kemari ngikutin elu mulu, kasian kan kalo dicuekin?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantun Lucu Bahasa Sunda yang bikin kamu ngakak"

Posting Komentar