loading...

Kata-Kata Bijak Bahasa Sunda Buat Yang Berdarah Sunda Dan Rindu Kampung Halaman

Kata-Kata Bijak Bahasa Sunda Buat Yang Berdarah Sunda Dan Rindu Kampung Halaman- Lucu Lucuan Bahasa Sunda : Kata Bijak, Motivasi, Sindiran dan Pantun

Bray, bray! Bagi elu yang demen banget nongkrongin timeline twitter, pasti udah gak asing lagi dengan hashtag #ReboNyunda dimana elu akan menjumpai banyak sekali tweet yang menggunakan Basa Sunda (dibaca: Bahasa Sunda).

Entah itu tweet yang isinya lucu-lucuan atau candaan dalam bahasa Sunda, infografis mengenai suatu daerah dan budayanya, gambar lucu berbahasa Sunda, bahkan tak jarang sering juga ditemukan ada tweet campuran antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda yang mungkin lucu bagi sebagian orang.

Dari tweet-tweet yang menggunakan hashtag #ReboNyunda tersebut, sebagian bahasa Sunda yang digunakan mungkin saja dianggap halus oleh sebagian orang, dan sebagiannya lagi ada yang dianggap kasar. Ini karena terdapat perbedaan dalam penggunaannya di beberapa daerah yang menggunakan bahasa Sunda.

Disamping itu, bagi sebagian orang dengan latar belakang sastra Sunda, tweet #ReboNyunda yang dijumpainya mungkin tidaklah sesuai dengan tata bahasa sunda yang baik dan benar.

Namun pada intinya, niat dan cara yang dipake untuk ngamumule (melestarikan) Bahasa Sunda itu menjadi lebih asik dan santai tanpa merasa dipaksa untuk berbicara dengan menggunakan Bahasa Sunda.

Semoga aja, untuk kedepanya, bahasa daerah (gak cuma Bahasa Sunda) semakin dilestarikan dan tidak hanya digunakan ketika disekolah saja di dalam pelajaran muatan lokal.

Buat gue pribadi, ketika berada di daerah lain dan kemudian ketemu dengan orang yang kebetulan ngerti dan bisa bahasa daerah gue (sunda) atau emang doi satu daerah dengan gue. Justru gue merasa ada di tanah sunda, bukan di tanah lain. *Iya jadi saya teh merasa kaya lagi di lembur ajah bray.

Terlepas dari anggapan yang berbeda-beda terkait cara penggunaan bahasa sunda yang dipake oleh orang-orang, entah itu baik ataupun buruknya, itu hak setiap orang. Disini gue cuma berusaha menampilkan sejumlah kalimat, ataupun percakapan dengan menggunakan bahasa sunda yang membuat gue nyengir-nyengir sendirian dan ketawa-ketawa kegelian.

Karenanya, dengan dibuatnya thread ini, gue berharap elu sebagai pembaca yang budiman setidaknya bisa merasakan hal yang sama dengan apa yang gue rasakan ketika menggunakan bahasa daerah sendiri bahwasanya,
Kata-Kata Bijak Bahasa Sunda Buat Yang Berdarah Sunda Dan Rindu Kampung Halaman


Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa daerah di daerah sendiri itu benar-benar menyenangkan! Apalagi kalo diminta ngajarin orang.

Berikut beberapa kalimat dan percakapan yang bertujuan untuk hiburan dan sekedar lucu lucuan yang menggunakan Bahasa Sunda :

Kata-Kata Bijak Bahasa Sunda Buat Yang Berdarah Sunda Dan Rindu Kampung Halaman

Terkadang di dalam perjalanan yang mulus kita sering tijalikeuh, tapi kita tetap harus maju dan berlari sanajan bari ingked-ingkedan.
Arti dari sanajan bari ingked-ingkedan : meskipun sambil ngesot
Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat.
Artinya : Tetap tersenyum meskipun hatinya sedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat.
Terkadang pami cinta geus melekat, tai ucing oge karasa nikmat siga coklat.
Artinya : Terkadang kalau cinta udah melekat, taik kucing pun terasa nikmat ibarat coklat.
Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy di inget inget nepi ka poho.
Artinya : Kenangan indah saat bersama dengan mu akan terus di ingat-ingat sampai lupa.
Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu di pigawean.
Artinya : Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan.
Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan.
Artinya : Yang namanya hidup mah banyak cobaannya. Kalo banyak sawerannya, itu namanya dangdutan.
Jangan melempeum, tetep semangat! inget cicilan.
Artinya : Jangan cepat menyerah, tetap semangat! ingat cicilan. 
Babaturan nyaeta manehna anu sok nginjeuman duit bari tara daek dibayar.
Artinya : Sahabat adalah dia yang suka minjemin uang namun gak pernah mau dibayar.
Punya masalah itu harus sabar, dan sabar itu sesungguhnya ripuh.
Artinya : Ripuh adalah kondisi dimana kita udah merasa gak mampu tapi mau gak mau harus terus dilakukan karena suatu tuntutan atau kewajiban.
Mulai sekarang, aku mau nambulan semen biar setrong.
Artinya : Mulai sekaran, aku mau ngemil semen biar kuat.
Mun aya jelema anu nyarekan atawa anu ngomongkeun maneh, komo deui ngomongkeun ditukangeun. Teu kudu dibales! Cukup ngaharewos ka manehna, "sia geus bosen hirup?"
Artinya : Kalo ada orang yang marahin elu, atau orang yang suka ngomongin elu, apalagi dari belakang. Gak usah dibales! Cukup bisikin aja ke telinga doi dan bilang, "lo udah bosen hidup?"
Mun aya lalaki pagaweana ngomongkeun batur ditukangeuna, pang wartoskeun enjing deui mah pami kaluar piwarang ngangge ngangge kutang sareng rok, atanapi daster.
Artinya : Kalo ada cowok yang kerjaannya ngomongin orang lain dibelakangnya, tolong bilangin sama doi, besok-besok mah kalo keluar rumah suruh pake kutang sama rok, atau daster.
 Sekian Kata-Kata Bijak Bahasa Sunda Buat Yang Berdarah Sunda Dan Rindu Kampung Halaman, semoga bisa menobati rindu pada daerah sendiri...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kata-Kata Bijak Bahasa Sunda Buat Yang Berdarah Sunda Dan Rindu Kampung Halaman "

Posting Komentar